Kodim Abdya Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Kodim Abdya Siap Dukung Polri Berantas Narkoba
Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki

Abdya - Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki mengapresiasi keseriusan Kepolisian dalam upaya memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di wilayah hukum Aceh Barat Daya (Abdya). 

"Kita mengapresiasi kinerja jajaran Polres Abdya. Di tengah multi tugasnya  mereka mampu mempertahankan dan meningkatkan profesionalitas Polri, " ungkap Dandim dalam rilisnya, Jumat (1/10). 

Terbukti, jelas Dandim, di samping fokus mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19, Kepolisian Resor (Polres) Abdya juga telah berhasil mengungkap sejumlah kasus kejahatan, salah satunya tindak pidana Narkoba.

Dandim mengatakan, Narkoba merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) karena saat ini tengah menjadi proxy war yang dapat melumpuhkan kekuatan bangsa. 

"Daya rusak dari kejahatan Narkoba ini sangat besar, karena bisa menyasar semua kalangan mulai dari petani, pejabat publik hingga aparat negara, " ujarnya. 

Pamen letingan 2000 ini menyebutkan, dampak kerugian negara dari bahaya Narkoba jauh lebih besar dari korupsi dan terorisme.

Estimasi kerugian negara dalam setiap tahun akibat tindak pidana korupsi mencapai Rp. 56, 7 triliun, sementara akibat kejahatan Narkoba itu bisa mencapai hingga Rp. 84 triliun.

"Dan dari sisi korban jiwa, Indonesia juga telah dirugikan. Akibat Narkoba, 30-40 nyawa orang dalam setiap harinya melayang (meninggal), " katanya. 

Ancaman bahaya Narkoba ini secara nyata terus berkembang luas serta menyasar semua kalangan dan usia. Jaringan pengedar Narkoba dalam setiap waktu terus bertambah mulai dari kota besar sampai dengan pedalaman desa. 

Analisa meluasnya jaringan tersebut disebabkan pelaku Narkoba pertahun terus bertambah. Pemakai awal (baru) bergeser menjadi pemakai tetap, kemudian dalam waktu setahun levelnya itu bakal meningkat menjadi pengedar. 

Untuk itu, dalam menangani bahaya Narkoba ini tidak bisa dibebankan kepada Kepolisian saja. Seluruh komponen mulai dari unsur masyarakat, pemerintah dan multi Lembaga Negara harus bersinergi saling mengisi dan bahu membahu memerangi peredaran Narkoba. 

"Narkoba ini jelas harus kita perangi bersama. Bila ini dibiarkan, kita khawatir adek-adek, rekan-rekan dan keluarga kita akan hancur terjerumus, " tegasnya. 

Dandim mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh Kepolisian dalam memberantas dan mencegah peredaran Narkoba. Ia memastikan sebelum ikut membersihkan ke luar, pihaknya terlebih dahulu telah melakukan pembersihan ke dalam dengan cara rutin menggelar sosialisasi hukum serta bahaya narkoba untuk seluruh prajurit dan Persit di lingkungannya. 

"Kita juga rutin melaksanakan pengecekan urine secara mendadak. Kita sampaikan keras kepada mereka, bila ada yang terlibat Narkoba maka ganjarannya adalah pecat, " pungkas Dandim.

Heri Purwanto

Heri Purwanto

Previous Article

Budidaya Cabai di Abdya Menggeliat, TNI...

Next Article

Babinsa di Jeumpa Intens Dampingi Vaksin,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Anton atong sugandhi verified

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 11

Postingan Tahun ini: 1739

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 2776

Registered: May 23, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 602

Registered: Apr 8, 2021

Agus Pristiwanto

Agus Pristiwanto verified

Postingan Bulan ini: 7

Postingan Tahun ini: 19

Registered: Sep 6, 2021

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Proyek Penyambungan Pipa PDAM Cilacap Dikeluhkan Warga Tambakreja
Dikibusi SH, Akhirnya SF Diringkus Satres Narkoba Polres Simalungun dan Sabu 1.1 Gram Diamankan
Oknum Pegawai PDAM Jeneponto Diduga Rusak Trotoar Depan Hotel Valentine's
SH Warga Kucingan Sei Mangkei Diringkus, Akui Barang Bukti Sabu 14,68 Gram Diperoleh dari SF

Follow Us

Recommended Posts

Muspika Nurussalam Tinjau Langsung Kegiatan Serbuan Vaksin Diwilayah Tingkat Desa
Ikuti Musrenbang Desa Seuneubok Buloh, Begini Kata Danramil 17/Idt
Kasdim Pimpin Acara Tradisi Penerimaan Dan Pelepasan Personel Kodim 0104/Atim
Resmi Jabat Danrem 011/LW, Kol. Inf.  Bayu Permana Kunjungi Kodim 0103/Aceh Utara
Aktif Lakukan Pendampingan, Babinsa Peureulak Barat Bantu Proses Panen Padi Milik Petani